Cemilan, Do It Yourself, Experience, General

Crack the COLD BREW

Karena mulai rajin main IG baru-baru ini, saya mulai follow beberapa cafe yang lagi hitz, dan mereka mulai memperkenalkan minuman kopi yang judulnya COLD BREW. What the hack is that? Sounds so sophasticated.
Dan setelah minta petunjuk mbah gugel, baru ngerti itu sebenarnya salah satu cara untuk ekstrak kopi selain cara lazim dengan air panas. Dan ternyata simpel banget! dan dijanjikan rasa yang lebih smooth, gak ‘jegrak’ karena ini gentle proses.
Setelah baca dan nyobain beberapa resep dari gugel, akhirnya ketemu COLD BREW yang disuka.
Alat yang diperlukan : gelas/pitcher, saringan / coffe filter tergantung jenis kopi dan kesabaran 🙂
Caranya.
1. Gunakan kopi yang digiling halus atau fine grind, supaya proses ekstrasi lebih mudah. Yang sudah pernah saya coba kopi toraja dan kopi bali (courtesy of INADRINK).
2. Takaran untuk ‘biang’ kopinya 1:4.
1 bagian kopi, 4 bagian air.

2015/02/img_6980.jpg

3. Gunakan air suhu ruang, jangan air hangat. kalau air hangat nantihad akhir kopi akan bau apek. Setelah dicamput air, aduk hingga semua bagian kopi basah dan tercampur.

2015/02/img_6981.jpg

4. Diamkan selama 12 jam dalam suhu ruang (yesss nunggu 12 jam.. Sighh) Setelah 12 jam aduk campuran kopi, lalu saring dg saringan metal (french press kalau ada) kalau saya pakai saringan teh, lalu saring lagi dengan yang lebih halus pori2 filernya, bisa dengan filter paper atau praktianya pakai saja kain biasa (me just being practical here 🙂

2015/02/img_6982.jpg

5. Hasilnya kopi yang kelihatan ‘santai’ tapi trust me, it’s strong. Kalau saya hasil COLD BREW ini masih dilarutkan lagi. Dan bisa disimpan di lemari es untuk 10 hari dalam wadah tertutup.

2015/02/img_6983.jpg

Untuk es kopi, tambahkan gula sesuai selera, tambahkan air dengan perbandngan 1:1. Es kopi siap dinikmati. Bisa juga ditambahkan susu atau dijadikan kopi jelly. ( belum ada resepnya, nanti yak}. Now you can sit back and enjoy your ice coffee. Salam kopi.

2015/02/img_6970.jpg

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s