Uncategorized

WTF! Urban Food Movement

Yup, bukan WTF yang itu, ini Writing, Travel dan Food, Tema dari JS aka Jalansutra. Komunitas yang bermula dari artikelnya pak Bondan, yang menjelma jadi 13k member, yang kemarin merayakan ultah ke 13, kalau anak remaja umur 13 neh lagi musim pancaroba. Ini erat berkaitan dengan perayaan yang beda kali ini, dengan mengusung topik Urban Food Movement, ultah yang biasa dimeriahkan dengan potluck makanan, yang biasanya makan-makan sampe bego, kali ini dimeriahkan dengan potluck ide, yang kalau diserap semuanya bisa keblenger juga. But wait…. off course ada makan-makan dong, namanya juga JS

FullSizeRender

Tadinya sempet pesimis, anak JS biasanya hiperaktif, kalau disuruh duduk dari jam 9 pagi sd jam 5 sore, bakalan bisa gak ya? mana akan ada 18 topik presentasi @15 menit, kebayangkan liat presentasi hari Sabtu?  Tapi NOO, it’s an eye opening. Komunitas yang digagas dari ide suka makan dan jalan2, lalu share, ternyata membawa anggotanya menjalani perubahan signifikan dan hidupnya, mendalami passion dan hidup di dalamnya. wow how cool is that.

Dengan tidak mengesampingkan siapapun yang tidak disebutkan di sini, ada beberapa presenter yang mengesankan, dimulai dari Batara, yang entah kesambet apa, sesudah menghabiskan waktu di luar Indonesia malah kembali ke Indonesia, untuk melestarikan makan lokal??? yang idenya mendasar pada produk pangan lokal dan menjaga kelesarian makan lokal yang ternyata idenya juga senada dengan Banyumurti, Cooking Mama Papanya Euis, Ono Nihanya ibu Noni, Gerakan Minangkayo dari Trio Reno, Febi, Ichil, atau Mama Makasarnya Nat. Mungkin ada beda interest dan sudut pandang, tapi semua punya benang merah yang sama.  Yang langsung menjadikan pertanyaan, apa yang bisa dibantu ya? apa kita harus buat semacam crowd writing, yang bisa menampung aspirasi mereka semua dan menjadikannya sebagai Kulinerpedianya Indonesia. Hm… minat diskusi lanjut? kontek saya deh 🙂

Topik menarik lainnya adalah teh dan kopi, JS punya master di bidang ini, Bambang Laresolo dan Ratna Soemantri berbagi cerita, catatan untuk presentasi Bambang adalah passion can become your business/job, dan ini bukan isapan jempol, di JS sudah banyak contoh, selain Bambang dan Ratna, ada Yohan, Adi, Grace, Lita, Letta (dan masih banyak yang lain) yang sudah berlabuh di passionnya di dunia F&B secara profesional.  Master kopi JS  Adi @peminumkopi berbagi mimpinya untuk Coffee Lab yang katanya akan segera launch… yooohooo can’t wait for it. Thanks untuk bagi2 kopi dari pu er. Tastenya light, menyenangkan untuk hari Minggu yang rilex.

Sayangnya dari Tepian tidak sempat berbagi tentang Collective farmingnya, padahal itu topik yang ditunggu, paling tidak ada Benny yang berbagi pengalamannya untuk Urban Farming, setuju banget dengan idenya, kita tidak perlu komplain ini itu soal krisis pangan, mulai dari kita sendiri, apa yang bisa kita tanam untuk kebutuhan sehari-hari, mungkin tidak untuk setiap hari, tapi kalau dalam 1 bulan ada 1 hari kita hidup dengan apa yang kita tanam sendiri, bayangkan kalau itu ada 1000 keluarga? atau 1 juta keluarga? berapa banyak pangan yang bisa dihasilkan oleh kita sendiri? coba mulai dengan pot, polybag atau dengan contohnya Benny, kotak minuman susu anaknya yang biasa dibuang, yang sudah menjadi tempat tumbuh Kemangi.

Passion di bidang Kuliner juga membawa Gerry, yang terkenal sebagai anaknya Lita menjadi salah satu pelaku pop up market dan the man behind Puyo, yang walaupun mungkin paling muda diantara yang hadir, tapi sudah berkiprah kencang, atau Iqbal yang juga salah satu teman dekat, yang saya lihat sendiri berkembang jauh pesat setelah menemukan passionnya dan bersiap-siap melahirkan Bungkuss.com. Yang surprise adalah Madre, konsep makanan rumah yang buat jadi nasi bungkus daun yang cihui, sempet icip se-dua sendok dari Gres dan Rujak pengantennya yang yummy.

Secara overall, bener seh, keblenger dengan semua ide yang dipresentasikan, tapi keblenger yang mungkin jadi seperti pecutan, hayoo segera mulai….. , when you gonna start to work on your dream? what stop you? Well, perut kekenyangan juga seh, dimanjakan dengan jajanan Makasar dari Mamanya Nat, belum lagi Chef Ragil membuat saya harus rela makan ayam suwir pedesnya walaupun dalam pemulihan Tipus dan Ikan saos Tempoyaknya yang smoky… juarak!. Plus seperti biasa kalau anak JS luar kota suka membekali teman2 Jakarta dengan jajanan. Dapat ketan Cirebon dari Jurangan cantik Cirebon dong.

Ultah kali ini meriah, kenyang perut dan otak, dan motivasi. Jangan kapok panitia ya.. Lita, Gres, Harnas, You guys done a great job. Bravo! Thanks juga buat pak Bondan, you start the movement and now unstoppable. Ditunggu lagi event yang wowww.                    Plus Bir Bintang yang refill terus dan dioleh-olehin goodie bag dari Anggur OT. How i miss my buddie during my services in there 🙂 

IMG_8643

 

 

 

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s