Experience, Liburan Lokal

Baluran, Jawa Timur dan Wisata Lokal

image7

Ini Bukan di Afrika lho, ini Taman Nasional Baluran yang lagi naik daun. letak persisnya antara Situbondo dan Banyuwangi.  Baru akhir bulan Juni sempat main dalam rangka ‘ngangon’ ponakan judulnya, yang plannya pun hanya dalam hitungan hari. Here we go.

Ke Baluran ada 2 pilihan, via Surabaya kemudian nyambung naik mobil ke Baluran, atau via Banyuwangi, terus nyambung mobil ke Baluran. Option 1 naik mobilnya itu sekitar 6-7 jam, dan option 2 hanya 1 jam. Saya ambil option 1 karena ponakan kan belum pernah ke Surabaya jadi kita main dulu ke Surabaya.  Nah yang jadi pertanyaan main apa ya di Surabaya?  Kebun Binatang? hmmmm kan macannya pada kurus, Waterboom? next!  Jadinya kita malah ke pasar Atom karena omnya kepengen makan. Habis kangenan dengan bakwan gili dan jajanan pasar Atom, kita malah maen ke Museum Sampoerna ( i know bad uncle yah malah ajakin ke pabrik rokok ), pertama karena banyak Sejarah, kedua ada demo linting rokok, saatnya nunjukin rokok itu tidak manusiawi, karena buruh rokok sampai kerja seperti robot dan bau cengkeh yang menusuk, untungnya mereka enjoy kontennya, dan tidak enjoy bau cengkeh hehehe success.  Sorenya kita main ke hutan Mangrove dan ke Rumah Batik, sebuah usaha kecil dari pak Syarif Usman, mengumpulkan batik dari penjuru Jawa Timur hingga membuat batik khas Suroboyo. Must visit untuk pecinta Batik. (kalau mau info lengkap, bisa japri)

Perjalanan ke Baluran lumayan jauh, jadi disarankan untuk membawa hiburan untuk anak kalau memilih option 1 seperti saya. Dan untungnya ponakan pada bobo begitu di mobil, dan bangun begitu sudah lapar. Bisa singgah di Situbondo untuk lunch, baru dilanjutkan ke Baluran. Kalau ada niat untuk menginap di dalam Taman Nasional, ada 2 option penginapan, semuanya tanpa AC. Pilihannya di pos 1, Savana Bekol, dan di pos 2, Pantai Bima. Yang harus disadari karena penginapan posisinya di dalam Taman Nasional, tidak ada listrik PLN, jadi listrik hanya ada dari jam 6 sore hingga 11 malam dengan menggunakan genset. Seperti halnya semua penginapan sederhana, semuanya simpel dan basic, jadi manage expectation.

Beberapa hal yang perlu dipersiapakan kalau mau menginap di Baluran : 1. Bawa lilin, korek dan senter. 2. Bawa makanan siap makan, bisa dengan membeli dekat pintu masuk taman 3. Bawa penolak nyamuk/serangga 4.selimut/kain pantai 5.snack/cemilan dan air minum 6.Baju dan sepatu yang nyaman untuk hiking. 7.Topi, sunblock dan kacamata hitam.

Pos 2. Pantai Bima, tempat kita stay, jaraknya 9km dari pintu masuk, nama penginapannya Wisma Pilang, tarifnya hanya 200rb/malam. Bisa muat 5-6 orang, cocok untuk keluarga.

Waktu malam lumayan gelap, jadi enaknya tiduran di pantainya bisa melihat langit yang penuh bintang plus waktu kita menginap, ada tambahan bulan yang hampir purnama. Tidur malam enak juga ditemani debur ombak. Buat yang belum terbiasa dengan tidur di alam bebas (seperti halnya ponakan, dianjurkan membawa earphone, atau speaker kecil, untuk memutar lagu), akan banyak bunyi di luar, mulai dari jangkrik, burung hantu, tikus hingga monyet, jadi tidak perlu kaget, ini hutan bang.

Sunrise bisa dilihat mulai jam 5 pagi, dan pagi merupakan waktu paling tepat untuk menyusuri pantai dan hutan bakau. Pantai Bima lumayan panjang dan bisa diexplore oleh anak-anak, bisa dipakai untuk main air juga karena ombak tenang dan pantai landai. eh ada ayunan juga lho hehehe omnya senang deh.

Pos 1. Savana Bekol Jaraknya 6km dari pintu masuk TN. ditandai dengan adanya kompleks penginapan, untuk yang mencari alternatif penginapan lebih murah,disini dihitung per orang.  Ini adalah bagian TN yang paling banyak diphoto dan beredar di sosmed. Dimulai dari rak yang penuh dengan tengkorak Banteng, hingga pemandangan pohon khas Savana, gunung Baluran hingga kawanan Rusa, Banteng, Kerbau, Jerapah, Monyet, beberapa jenis burung dan mamalia besar lain. Kita diperbolehkan stop disini, tapi mobil tidak bisa masuk wilayah Savana. Jalan di kawasan TN harus lebih awas, karena kita berada di rumahnya satwa liar, jadi jangan buang sampah, jangan bawa barang berlebih, pastikan memakai topi dan bawa air minum. Banyak yang bisa diexplore, mulai dari pohon-pohon, monyet yang iseng (hati-hati dengan topi atau botol minuman, mereka bisa dengan santainya merampas lho), kubangan tempat mamalia besar bermain, juga ada tempat minum mereka yang disediakan oleh pihak TN. Intinya jangan terlalu dekat dengan mamalia besar, cukup diamati dari jauh, jangan iseng untuk mengganggu. Ponakan yang kecil sangat antusias, dia bahkan membawa tabletnya, sibuk memotret bunga liar, binatang kecil, kubangan, binatang kecil, bentuk pohon aneh hingga pemandangan yang memang sangat photogenic.  Udaranya juga enak, walaupun matahari nya sentrong, tapi masih ada angin semilir dan bisa berteduh di pohon yang tersebar di wilayah Savana. Sayang tidak berhasil menemukan Jerapah.

 

TN Baluran tempat yang asik buat yang suka mengamati hewan liar di habitatnya, buat saya istilah little Afrika seh kurang ngerti karena saya belum pernah ke Afrika tapi Baluran memang punya daya pikat sendiri. Trust me on this. I’ll be back.

Sebagai summary, Liburan tidak harus ke luar negeri lho, apalagi untuk anak-anak. terutama kalau liburannya hanya ke singapore atau malaysia, coba deh explore liburan lokal, banyak kok yang seru. Generasi sekarang kita ajak mengenal negaranya sendiri. Tak kenal maka tak sayang kan? Keponakan seh komplain habis, malam gak bisa tidur karena berisik oleh suara penghuni hutan, tidur tanpa AC di homestay hingga naik kereta ekonomi, tapi buat saya itu proses belajar kenal negara kita, tentu saja tidak lengkap kalau tidak makan makanan lokal, mulai dari nasi tempong, bakwan malang, sambal petis hingga depot Djangkrik dan Toko Oen yang legendaris. Bukan urusan saya kalau mereka bisa menikmati atau tidak, biar mereka yang memutuskan sendiri.

PS. option closingnya bisa ke Bali, tinggal menyebrang via Banyuwangi, atua ke Malang seperti saya dengan kereta Ekonomi yang berangkat jam 5 pagi. Malang sendri sekarang punya banyak tempat bermain untuk anak-anak. Tinggal gugling yak.

image2

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s